IP

Senin, 28 Maret 2011

Cara menyetel pengapian pada delco mobil


mitsubishi galant tahun 94, dari pertama beli saya beli mobil ini emang udah ada masalah dari pertama, historynya
seperti ini: pertama beli mobil sangat getar apalagi kalau nyalain AC lebih parah,, trs saya repair enggine mountingnya
dengan mengganti semua dudukan mesin hasilnya lumayan saya bisa pake sampai 160 km/jam, karena mobil akan
saya pake perjalanan jauh mobil saya tune up kebetulan ada bengkel yang ada orang indonya saya percayakan kepada
dia trs carburator di semprot pake carburator cleaner, busi di ganti baru, pas saya pake mobil tidak bisa lari cepat lagi
cuman bisa 120 saja, itupun susah karena endut2an seperti karburator kotor atau bensin tersumbat di filter bensin, saya
coba atur idle pencampur saya patokannya skru pencampur di puter sampai mentok trs di puter balik sekitar 2 1/2
putaran tapi masih
tetep mobil gak bisa lari malah nambah parah, singkat cerita mbl saya bawa ke bengkel lagi, itu masih jauh perjalanan
saya, trs dia cek dan dia setting lagi itu delco kata dia carburator gak apa2, saya test emang bagus, tapi setelah di pake
sekitar 40 km kumat lagi ndut2an lagi, saya paksain mobil sampai tujuan, dan akhir kata udah sampai tujuan mobil saya
parkir, di seting lagi tuh delco carburator di semprot
lagi,carburator di setting lagi dari suaranya mesin sepertinya mantab, pas saya pake mau balik lagi emang suara mesin
dan tarikannya bagus lumayan, tapi ada yang lain yang masalah yaitu temperatur nyampe tanda high atau merah, saya
balik lagi ke bengkel pakistan tadi, saya bilang temperatur naik trs dia setting lagi dan hasilnya temperatur turun tapi gak
di bawah bendera atau 50% tapi sekitar 60 s/d 75 % saya jadi agak hawatir dengan temperatur ini kebetulan di saudi ini
lagi musim panas sekitar 45 derajat siang hari, radiator udah saya service karena sebelumnya ada masalah di
temperatur juga kalau mobil hidup tapi gak jalan temperatur naik, tapi kalau di pake jalan bagus, padahal kipas bagus,
service radiator hasilnya bagus, tapi setelah di tune up malah banyak masalah mobil saya,makanya saya mau tanya
cara setting timing pengapian untuk pemula, saya pake oktan yang 91 bensinya, kalau di kita di sebut premium, dan cara
setting untuk campuran bensin kalau bisa khusus untuk mitsubishi galant 94.
Pengapian artinya ada letikan api pada akir langkah kompresi. Seperti gambar tenaga maksimum terjadi 10 derajat setelah titik mati
atas. Untuk mendapatkan nilai itu dibutuhkan ketepatan pengapian dan konsisi bahan bakar (oktan) Di Indonesia
sebagai contoh untuk mencapai itu pengapian di stel dari 8 sampai 12 derajat untuk bahan bakar pertamax 96.
Sedangkan kalau menggunakan premium dibuat 5 sampai 8 derajat.
Untuk mengetahui berapa derajat pengapian
tersebut, sebaiknya anda menggunakan timing light. Ada 3 kabel pada timing ligth, plus dan minus disambungkan ke aki
kemudian satunya dijepitkan pada kabel busi nomer 1. Mesin dihidupkan lalu lampunya di arahkan ke puli kruk as (crank
shaft pully). Lihatlah ada angka pengapiannya.
Namun sebelum sampai ke sini, benarin dulu cela platina yang benar.
Bagi mobil yang sudah menggunakan pengapian transistor, CDI bagian ini tidak perlu di stel lagi. Karena cela platina
tidak pernah berubah akibat korosi. Penyetelan platina sesuai gambar.
Posisikan oktan selektor pada posisi netral,
kendorkan baut pengancing distributor terhadap blok mesin, hanya sampai bisa digeser saja. Pasangkan timing light lalu
arahkan sinarnya ke puly. Geser distributor ke arah yang diinginan sampai menemukan besaran angka derajat
pengapian yang diinginkan. Lalu keraskan baut pengancing distributtor tersebut. Jalankan mesin dan coba di jalan.
Pada kecepat 40 km/jam kalau pedal gas diinjak kaget mestinya mengeluarkan bunyi detonasi ngiklik. Kalau tidak
sekarang putar sedikit penyetel oktan selektor ke arah terbalik dari arah jarum ram. Kalau ngikliknya terlampau
mengganggu putar pengetel oktan selektor ke arah jarum jam.

1 komentar:

boss salut bget dengan informasinya.cuma sy mau tanya,mobil sy th83 civic excellent bermasalah dg coil sudah sy ganti dg baru hsilnya krng memuaskan msih tejadi panas apa sih penyebabnya?? dan di buat jln selalu tersedat2 kayak mesin mau mati

Posting Komentar

label

blog (1) downloads (14) kesehatan (1) komputer (28) Music (1) otomotif (4) printer (3) Religi (1) Sejarah (2) software PC (11) tips (10)

tv


Widget by: Script TV Online

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites